Jumat, 27 Agustus 2010

BELAJAR JURNALISTIK DI SEKOLAH

Apa itu jurnalistik? kata ini sudah tidak asing lagi kita dengar. Yang pasti kata jurnalistik akan selalu berhubungan dengan wartawan atau media massa. Asal kata jurnalistik dari bahasa Perancis, Journal yang artinya catatan harian. Secara ringkas kata ini bisa diartikan kegiatan pencatatan atau pelaporan dan penyebaran berita tentang kejadian sehari-hari. Kata jurnalistik juga bisa diartikan sebuah profesi (pekerjaan) yang berusaha menyajikan informasi kejadian sehari-hari secara periodik melalui media massa (koran, majalah, televisi atau radio). Orang yang melakukan kegiatan ini dikenal dengan sebutan jurnalis atau wartawan dalam bahasa Indonesia.
Menurut Dja'far H. Assegaff : Jurnalistik merupakan kegiatan untuk menyampaikan pesan atau berita kepada khalayak ramai (massa) melalui saluran media baik cetak maupun elektronik.
Jika kita hubungkan jurnalistik dengan sekolah, maka kita akan mendapatkan kesimpulan bahwa jurnalistik sekolah adalah suatu kegiatan untuk menyampaikan pesan dan berita seputar kegiatan sekolah kepada siswa/i atau masyarakat melalui media yang ada di sekolah baik itu mading, tabloid atau koran sekolah.
AYO MENJADI WARTAWAN SEKOLAH
untuk menjadi wartawan sekolah yang kegiatannya meliput berita seputar sekolah kamu diperlukan beberapa keahlian. Hal ini bertujuan agar nantinya berita yang kamu sajikan benar-benar berita yang menarik, faktual dan aktual. Ada beberapa kemampuan khusus yang harus dimiliki seorang wartawan sekolah, di antaranya :
1. Mampu Menulis
Kemampuan menulis adalah syarat utama untuk seorang wartawan, apalagi jika media tempat kerjanya adalah madia massa cetak. Kemampuan menulis bukan sekedar bisa menulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, melainkan juga harus bisa menulis dengan ringkas, padat, berisi dan terutama enak dibaca.
Setiap tulisan di media massa mempunyai ragam tersendiri. Ada yang disebut artikel, feature, resensi dan berita. Semuanya menggunakan teknik penulisan yang berbeda-beda. Seorang wartawan harus memahami karakter tiap jenis tulisan itu dan menguasai pula tekniknya.
2. Punya rasa ingin tahu yang tinggi
Jemputlah berita! jangan menunggu. mungkin kata ini yang pantas untuk seorang wartawan yang kreatif. Tumbuhkan rasa ingin tahu, buka mata dan pasang telinga terhadap semua kegiatan yang menyangkut di sekolah kamu. Dan ulailah untuk mencari tahu lebih banyak lagi.
3. Paham seluk beluk sekolah
Seorang wartawan sekolah harus mengetahui dengan detail seluk beluk sekolahnya. Mulai dari kepsek, guru sera siswa/i bahkan trend-tren yang sedang berkembang di mata teman-temannya. Jika semua ini diketahui maka dapat dengan mudah kita menulis berita tentang kondisi sekolah.
4. Paham karakter pembaca
Wartawan sekolah harus mengetahui siapa pembaca media sekolahnya. Informasi tentang karakter pembaca ini akan memudahkan kita untuk menulis dengan gaya bahasa apa sebuah berita diterbitkan.
5. Sehat jasmani dan rohani
Kesehatan jasmani dan rohani sangat penting dimiliki seorang wartawan sekolah. Karena tugas yang berat dan terkadang menghadapi berbagai keadaan kondisi tubuh dituntut untuk selalu prima. Bahkan tidak jarang seorang wartawan mengalami stres karena diburu waktu dan menghadapi kritik dari pembaca.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar anda tentang blog ini..!

BERTEMAN DENGAN SAYA