Rabu, 19 Mei 2010

ARTIKEL PENDIDIKAN BAHASA ARAB 3

MEDIA DAN EFEKTIVITASNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB


I. PENDAHULUAN

Bahasa arab pada awal-awal kemajuan islam mendapat tempat yang terhormat, dijunjung dan disanjung bukan hanya orang arab saja namun juga dari bangsa-bangsa lain. Bahasa arab juga mendapat tempat yang mulia ketika kita sandarkan dengan doktrin-doktrin agama islam. Bahasa arab identik dengan islam, dan islam memang berasal dari arab, meskipun islam bukan hanya untuk orang arab.
Literatur bahasa arab pada jaman kekhalifahan bukan cuma berisi ilmu-ilmu agama saja, literatur yang juga banyak memuat ilmu umum dan seni juga harus diakui berawal dari bahasa arab. Bahkan negara barat, meskipun mereka "malu-malu" untuk mengakuinya merasa berhutang budi dengan bahasa arab.
Bahasa arab dewasa ini mendapat tantangan yang sangat berat. Tantangan yang sifatnya internal dari bahasa arab itu sendiri atau faktor-faktor eksternal yang dengan sengaja untuk menjauhi orang lain untuk belajar bahasa arab. Kedua hal tersebut tentu saja apabila dibiarkan dan tidak ada upaya-upaya untuk mengatasinya akan menjadikan bahasa arab semakin "terpuruk" dalam lembah kehinaan.
Bersambung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar anda tentang blog ini..!

BERTEMAN DENGAN SAYA