Minggu, 31 Agustus 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : MTs. Daarussalaam
Kelas/ Semester          : VII/ I
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Topik                          : Pengenalan Diri      (   التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ    )
Waktu                                    :  9 x 40 menit  ( 3 x pertemuan )


A.    Kompetensi Inti ( KI )

1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan ( faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak ( menghitung, menggambar dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/ teori.


B.     Kompetensi Dasar
                       1.1          Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.

                       2.1          Menunjukan prilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.

                       3.1         
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan :


Baik secara lisan maupun tertulis.
                    
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
                     Indikator Pencapaian Kompetensi
   Setelah selesai proses belajar mengajar pada Kompetensi Dasar dengan topik
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
 siswa dapat:
1.      Mengucapkan kata-kata yang berkaitan dengan topik                              dengan baik dan benar yang mengandung kata gantu dan Isim Isyaroh.
2.     
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Mengucapkan frasa yang berkaitan dengan topik                                                 secara   baik dan benar yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.
3.     
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Mengucapkan kalimat yang berkaitan dengan topik                                 dengan baik dan benar.
4.      Mambaca bahan bacaan yang berkaitan dengan topik                                sesuai dengan intonasi dan logat yang baik.
5.     
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Membedakan penggunaan kata ganti/ isim domir yang berkaitan dengan topic perkenalan diri (                                       ).
6.     
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Menuliskan kata-kata yang berkaitan dengan topik                                   dengan baik dan benar yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.
7.     
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Menuliskan frasa yang berkaitan dengan topik                                          dengan baik dan benar yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.
8.      Menuliskan kalimat yang berkaitan dengan topik                                      dengan baik dan benar yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
 


4.1              Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik

Dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
                        Indikator Pencapaian Kompetensi :
Setelah selesai proses belajar mengajar pada Kompetensi Dasar dengan topik
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
 siswa dapat:
1.       
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Memperagakan kata-kata  tentang topik                                   di depan kelas dengan temannya yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.
2.       
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
 Memperagakan frasa  tentang topik                             di depan kelas dengan temannya yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.
3.        Memperagakan kalimat  tentang topik                                      di depan kelas dengan temannya yang mengandung kata ganti dan Isim Isyaroh.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa menunjukan semangat belajar bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dan sarana memahami khazanah keislaman sebagai manifestasi rasa syukur kepada Allah SWT.
2.     
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Siswa berkata jujur, santun, bekerjasama dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan teman dan lingkungannya.
3.      Siswa dapat mengucapkan kata-kata, frasa dan kalimat yang berkaitan dengan
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Dengan teman-temannya.
4.      Siswa dapat memperagakan kata-kata, frasa dan kalimat yang berkaitan dengan
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ

 
Dengan struktur kalimat yang benar.
5.       Siswa mampu menuliskan kata, frasa dan kalimat yang berkaitan dengan topik
Dengan susunan struktur kalimat yang baik dan benar.

D.    Materi Pembelajaran

Pertemuan 1
Kata
Arti

Kata
Arti

Kata
Arti
هُوَ
Dia
(laki)

مَنْ
Siapa

تِلْكَ
itu (perempuan)
هِيَ
Dia (perempuan)

اِسْمِي
Namaku

طَالِب
siswa
أَنْتَ
Kamu
(laki)

هذَا
ini
(laki)

طَالِبَة
siswi
أَنْتِ
Kamu (perempuan)

هذِهِ
ini (perempuan)

صَدِيْقِي
Temanku
(laki)
أَنَا
Saya

ذَلِكَ
itu (laki)

صَدِيْقَتِي
Temanku
(perempuan)
Pertanyaan
Jawaban

مَنْ أَنْتَ ؟     
أَنَا طَالِب .  اِسْمِي عَزَّام

مَنْ أَنْتِ ؟
أَنَا طَالِبَة . اِسْمِي حِلْيَة

مَنْ هذَا ؟
هذَا صَدِيْقِي . هُوَ طَالِب

مَنْ هذِهِ ؟
هذِهِ صَدِيْقَتِي . هِيَ طَالِبَة


Pertemuan 2


حِلْيَة طَالِبَة
Saya
أنا

عَزَّام طَالِب
Saya
أنا
Kamu (perempuan)
أنتَ

Kamu (laki-laki)
أنتَ
Dia (perempuan)
هِىَ

Dia (laki-laki)
هُوَ



Keterangan
مُؤَنَّث
مُذَكَّر
Untuk jarak dekat
ذَلِكَ
هَذَا
Itu (laki-laki)
Ini (laki-laki)
Untuk jarak jauh
تِلْكَ
هَذِهِ
Itu (perempuan)
Ini (perempuan)


مُؤَنَّث

مُذَكَّر
الْجَوَاب
التَّحِيَّة
الرَّقْمُ

الْجَوَاب
التَّحِيَّة
الرَّقْمُ
هَذَهِ رَفِيْدَة
مَنْ هَذَهِ ؟
1

هَذَا عَزَّام
مَنْ هَذَا ؟
1
Ini Rofidah
Siapa ini ?

Ini Azzam
Siapa ini ?
هِىَقَانِتَة
مَن ْهِىَ ؟
2

هُوَفَوْزَان
مَن ْهُوَ ؟
2
Ini Qonitah
Siapa dia ?

Dia Fauzan
Siapa dia ?
أَنَاحِلْيَة
مَنْ أنْتِ ؟
3

أَنَامَحْمُوْد
مَن ْأنْتَ ؟
3
Ini Hilya
Siapa kamu ?

Saya Mahmud
Siapa kamu ?

Pertemuan 3


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله !
·      أَنَا طَالِب ، اِسْمِي عَزَّام . وَهذَا مَحْمُوْد .هُوَ طَالِب . هُوَ صَدِيْقِي .
·      أَنَا طَالِبَة ، اِسْمِي حِلْيَة . وَهذِهِ رَفِيْدَة .هِيَ طَالِبَة . هِيَ صَدِيْقَتِي .
·      مَنْ هذَا؟ هذَا طَالِب . هُوَ فَوْزَان. هُوَ صَدِيْقِي .
·      مَنْ هذِهِ ؟ هذِهِ طَالِبَة. هِيَ قَانِتَة ، هِيَ صَدِيْقَتِي .
·      أَنْتَ صَدِيْقِي يَا مَحْمُوْد ! وَأَنْتَ صَدِيْقِي يَا فَوْزَان .
·      أَنْتِ صَدِيْقَتِي يَا رَفِيْدَة ! وَأَنْتِ صَدِيْقَتِي  يَا قَانِتَة


E.     Pendekatan / Model/ Metode Pembelajaran\

1.      Pendekatan Pembelajaran : Scientific Approach
2.      Model Pembelajaran         : Student Teams Achievement Divisions (STAD)
3.      Metode Pembelajaran       : cooperative learning






F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran

1.      Media             : Transkrip percakapan, gambar
2.      Alat                : Laptop, LCD
3.      Sumber           : Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII, hal. 4. Kementerian Agama RI. 2013


G.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

KEGIATAN
LANGKAH-LANGKAH
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
Apersepsi


Stimulasi
-          Siswa dan guru berdoa kepada Allah SWT untuk memulai pembelajaran.
-          Guru mengabsen dan menanyakan keadaan siswa
-         
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ         

 
Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari perkenalan diri
(                                    )
-          Serta ruang lingkup materi yang akan dipelajarinya.

KEGIATAN INTI

Membentuk Kelompok






Penyajian Materi
(MENGAMATI)





Pemberian Tugas dari Guru
(MENANYA)






(MENALAR)



(MENCOBA)







Pemberian Tugas/ Evaluasi
(MENGKONFIRMASIKAN)




-          Siswa berkelompok secara heterogen ( satu kelompok terdiri dari laki-laki dan perempuan).


-          Siswa mendengarkan dan menyimak mufrodat  tentang
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ         

 
 


yang diucapkan oleh guru.

-          Siswa bersama kelompoknya saling mengucapkan kembali dan bertanya jawab bergantian tentang mufrodat yang diberikan oleh guru dan anggota yang lainnya mendengarkan.

-          Siswa saling bertanya jawab dan mendiskusikan makna yang terkandung dari mufrodat-mufrodat tersebut.

-          Siswa perwakilan tiap kelompok memperagakan ucapan mufrodat di depan kelas dengan disimak oleh kelompok lainnya.



-          Tiap-tiap siswa mengucapkan mufrodat secara bergantian tanpa diberitahu oleh teman kelompoknya.



PENUTUP
MEREVIEW
-          Guru memberikan penguatan materi dengan kembali mengucapkan mufrodat dan mengambil kesimpulan dari hasil konfirmasi siswa.

-          Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang penampilannya terbaik.




Pertemuan 2

KEGIATAN
LANGKAH-LANGKAH
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
Apersepsi


Stimulasi
-          Siswa dan guru berdoa kepada Allah SWT untuk memulai pembelajaran.
-          Guru mengabsen dan menanyakan keadaan siswa
-          Guru memberikan pertanyaan stimulan seputar pelajaran pertemuan sebelumnya.
-          Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari perkenalan diri, kata ganti dan  isim isyaroh. Serta ruang lingkup materi yang akan dipelajarinya.

KEGIATAN INTI


Membentuk Kelompok

Penyajian Materi
(MENGAMATI)












Pemberian Tugas dari Guru
(MENANYA)











(MENALAR)




(MENCOBA)









Pemberian Tugas/ Evaluasi
(MENGKONFIRMASIKAN)









-          Siswa berkelompok secara heterogen ( satu kelompok terdiri dari laki-laki dan perempuan).

-          Siswa mendengarkan dan menyimak mufrodat  tentang
التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ         

 
 


Yang mengandung kata ganti dan  isim isyaroh.

-         Siswa bersama kelompoknya saling mengucapkan kembali dan bertanya jawab bergantian tentang mufrodat yang diberikan oleh guru dan anggota yang lainnya mendengarkan. Dengan kata Tanya :
من هذا؟ من هذه؟ من ذالك؟
من تلك؟


-          Siswa saling mendiskusikan makna yang terkandung dari mufrodat-mufrodat tersebut.

-          Siswa perwakilan tiap kelompok memperagakan ucapan mufrodat di depan kelas dengan disimak oleh kelompok lainnya.



-          Guru mengevaluasi tiap-tiap siswa mengucapkan mufrodat secara bergantian tanpa diberitahu oleh teman kelompoknya.



PENUTUP
MEREVIEW
-          Guru memberikan penguatan materi dengan kembali mengucapkan mufrodat dan mengambil kesimpulan dari hasil konfirmasi siswa.

-          Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang penampilannya terbaik.





Pertemuan 3

KEGIATAN
LANGKAH-LANGKAH
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
PENDAHULUAN
Apersepsi


Stimulasi
-          Siswa dan guru berdoa kepada Allah SWT untuk memulai pembelajaran.
-          Guru mengabsen dan menanyakan keadaan siswa
-          Guru memberikan pertanyaan stimulan seputar pelajaran pertemuan sebelumnya.
-          Guru menyampaikan tujuan dan manfaat mempelajari perkenalan diri, kata ganti dan  isim isyaroh. Serta ruang lingkup materi yang akan dipelajarinya.

KEGIATAN INTI

Membentuk Kelompok






Penyajian Materi
(MENGAMATI)





Pemberian Tugas dari Guru
(MENANYA)









(MENALAR)






(MENCOBA)









Pemberian Tugas/ Evaluasi
(MENGKONFIRMASIKAN)






-          Siswa berkelompok secara heterogen ( satu kelompok terdiri dari laki-laki dan perempuan).


-          Guru memberikan bahan bacaan seputar materi perkenalan diri, kemudian siswa mengamati bahan bacaan tersebut.


-         Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk bertanya mufrodat yang belum diketahui dari bahan bacaan tersebut. Kelompok lain diberikan untuk menjawabnya.


-          Siswa saling mendiskusikan cara membaca yang baik dan benar sesuai dengan intonasi dari bahan bacaan..



-          Siswa perwakilan tiap kelompok diberikan kesempatan untuk membaca bahan bacaan di depan kelas dan juga menerjemahkan bacaan itu.
-          Siswa menuliskan kembali dalam buku masing-masing bahan bacaan tersebut.



-          Guru mengevaluasi hasil tampilan tiap-tiap kelompok.



PENUTUP
MEREVIEW
-          Guru memberikan penguatan materi dengan membacakan, dan menuliskan pokok-pokok bahan bacaan lalu menerjemahkannya.

-          Guru dan siswa menyimpulkan bahan bacaan tersebut.

-          Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang penampilannya terbaik.


H.    PENILAIAN
A.    DIMENSI, TEKNIK DAN INSTRUMEN

DIMENSI
TEKNIK
INSTRUMEN
SIKAP SPIRITUAL
Observasi
Rubrik observasi, daftar cek dan skala penilaian
SIKAP SOSIAL
Observasi
Rubrik onservasi dan daftar cek
PENGETAHUAN
Tes lisan
Daftar pertanyaan
KETERAMPILAN
Tes praktik/ peragaan
Daftar cek dan skala penilaian


PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL

RUBRIK OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi/peragaan.




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari materi.




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)


PENILAIAN SIKAP SOSIAL
RUBRIK OBSERVASI SIKAP JUJUR

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan



No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)


PEDOMAN OBSERVASI SIKAP PERCAYA DIRI

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)


PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SANTUN

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua




2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP TOLERANSI

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati pendapat teman




2
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




4
Menerima kekurangan orang lain




5
Mememaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pada  pedoman observasi sikap spiritual
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)



PEDOMAN OBSERVASI SIKAP GOTONG ROYONG

Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam gotong royong. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap gotong royong  yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Aktif dalam kerja kelompok




2
Suka menolong teman/orang lain




3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan




4
Rela berkorban untuk orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)






PEDOMAN OBSERVASI SIKAP DISIPLIN
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya     = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai
   aspek pengamatan
Tidak            = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan
   sesuai aspek pengamatan.


No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah



Petunjuk Penskoran :
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah :
Peserta didik memperoleh nilai dapat menggunakan seperti dalam pedoman observasi sikap spritual.





LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

Kelas                                     : ……………………….
Hari, tanggal                       : ……………………….
Materi Pokok/Tema       : ……………………….

               
NO
NAMA SISWA
SIKAP
SKOR PEROLEHAN
SPIRITUAL
JUJUR
PERCAYA DIRI
SANTUN
TOLERANSI
GOTONG ROYONG
DISIPLIN










































Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan
      kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai 




PENILAIAN PENGETAHUAN

Daftar Pertanyaan

Pertanyaan
Kunci
مَنْ أَنْتَ ؟     
أَنَا طَالِب .  اِسْمِي …………
مَنْ أَنْتِ ؟
أَنَا طَالِبَة . اِسْمِي ………….
مَنْ هذَا ؟
هذَا صَدِيْقِي . هُوَ طَالِب …………
مَنْ هذِهِ ؟
هذِهِ صَدِيْقَتِي . هِيَ طَالِبَة …………
مَن ْهُوَ ؟
هُوَ………………
مَن ْهِىَ ؟
هِىَ ……………..

Petunjuk Penskoran
Tiap satu soal bernilai 1 jika menjawab benar dan 0 jika salah
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                 : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)




PENILAIAN KETERAMPILAN

التَّعْرِيْف بِالنَّفْسِ         

 
Contoh daftar cek
Penilaian peragaan Bahasa Arab Materi
(Menggunakan Daftar Tanda Cek)

No.
Aspek Yang Dinilai
1
2
3
4
1.
Kejelasan Ucapan




2.
Intonasi




3.
Dialek/ Lahjah




4.
Ketepatan Makhroj huruf




5
Ketepatan dalam bertanya dan menjawab




Skor yang dicapai



Skor maksimum



Keterangan
1                       : Tidak kompeten
2                       : Cukup Kompeten
3                       : Kompeten
4                       : Sangat Kompeten
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :


Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut
1).  Jika seorang siswa memperoleh skor 26-28 dapat ditetapkan sangat kompeten
2).  Jika seorang siswa memperoleh skor 21-25 dapat ditetapkan kompeten
3).  Jika seorang siswa memperoleh skor 16-20 dapat ditetapkan cukup kompeten
4).  Jika seorang siswa memperoleh skor  0-15 dapat ditetapkan tidak kompeten
                                                 
                                                                          Karangnunggal,.......................... 2014

Mengetahui :
Kepala MTs. Daarussalaam



DADANG SETIAWAN, S.Pd.I.
Guru Mata Pelajaran




MARZUKI, S.Ag.,M.S.I.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar anda tentang blog ini..!

BERTEMAN DENGAN SAYA